Minggu, 26 Maret 2017

Kandang Kuda

Kandang merupakan syarat utama memelihara kuda. Secara umum kandang terbagi atas beberapa bagian: kandang inti, penambat, gudang pakan dan peralatan serta tanah lapang sebagai tempat berlatih menunggang dan tempat umbaran.

Kandang inti merupakan tempat bagi kuda untuk tidur sehingga harus membuat kuda nyaman. Syarat utama kandang inti adalah lantai yang sesuai. Struktur lantai pada kandang inti dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menyerap air dengan baik. Permukaan lantai biasanya menggunakan konblok.  Ukuran kandang inti tergantung dari besar kecilnya kuda. Rata-rata kandang inti berukuran 3m x 4m.

kandang kuda



Permukaan teratas dari kandang inti biasanya diberi alas serbuk kayu sisa penggergajian dengan tebal anta 15-20cm. Alternatif lain adalah menggunakan potongan-potongan kertas.  Bahan ini banyak dipakai di Singapura karena serbuk kayu sangat sulit.

Penambat merupakan tempat khusus untuk menambatkan kuda ketika kuda sedang dirawat. Penambat harus memiliki saluran drainase yang baik sehingga nyaman ketika memandikan kuda. Lantai penambat sebaiknya berupa semen keras kemudian dilapisi karpet karet khusus ternak. Idealnya lantai penambat berukuran 2m x 2.5m, tinggi tiang 1,5m serta tinggi pagar tepi 80cm.

penambat kuda

Lapangan idealnya memiliki ukuran setidaknya 20 m x 40 m. lapangan ini merupakan ukuran lapangan Dressage kecil yang sesuai dengan standart international. Penulis sendiri pernah belatih pada lapangan berukuran 15 m x 30 m.
kandang umbaran kuda

Pembangunan kandang harus benar-benar  memperhitungkan aspek keselamatan, baik keselamatan kuda, keselamatan perawat, serta keselamatan lingkungan. Kandang didesain sedemikian rupa sehingga misalnya kuda lepas, kuda akan masuk dan terisolasi di dalam kandang umbaran.

Sumber : http://nunggangjaran.blogspot.com/2013/04/kandang-kuda.html

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About

Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text

MUSIK

MUSIK

Labels

Unordered List

Flag Counter

Pages

Theme Support

BTemplates.com

Super Kawaii Cute Cat Kaoani